Selasa, September 02, 2008

MEMETIK PELAJARAN DARI KELURAHAN PONDOK RANGGON JAKARTA TIMUR

Banyak pelajaran yang dapat dipetik dari hasil Study Lapangan Diklat Kepamongan bagi Camat dan Lurah di Kelurahan Pondok Ranggon Kecamatan Cipayung Jakarta Timur.

Berikut ini adalah hasil yang dapat dipetik dari pertemuan Lurah Klandasan Ilir Balikpapan, Asfiansyah dengan Lurah Pondok Rangon, Ali Murthado,

Kelurahan Pondok Ranggon merupakan Kelurahan terbaik Tingkat Nasional dan menjadi Juara I Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional pada Tahun 2007, serta dan mendapat Piala Adi Karya Abdi Praja dari Presiden RI, Susilo Bambang.

Menurut Lurah Pondok Ranggon kunci keberhasilan ini tidak lain adanya kepercayaan yang amat besar dari berbagai elemen masyarakatnya. Menurutnya sebelum ia menjabat Lurah Pondok Ranggon Tahun 2004 Masyarakat pondok ranggon saat itu mengalami krisis kepercayaan kepada Kelurahan Pondok Rangon. Untuk mengembalikan kepercayaan Masyrakat terhadap Pemerintah khususnya Kelurahan Pondok Rangon, maka pada saat ia menjabat Lurah Pondok Ranggon hal yang harus dibenahinya adalah mengembalikan kepercayaan Masyrakatnya, Kurang Lebih 6 bulan Sang Lurah blusukan berada ditengah-tengah masyarakat, mengadakan pendekatan untuk merangkul tokoh-tokoh Masyarakat pondok Ranggon, Baginya sangat mustahil Program Kelurahan akan berjalan dengan baik ditengah-tengah masyarakat bila Masyarakat kehilangan kepercayaan. Tugas-tugas pelayanan di Kelurahan selama kurang lebih 6 Bulan ditangani oleh Wakil Lurah, Al-hasil upaya Lurah Ali Murtadho tidak sia-sia. Kepercayaan dari warga masyarakatnya dapat dirasakan sangat besar dan sangat mendukung program-program Pemerintah.

Salah satu contoh keberhasilan kelurahan Pondok Ranggon dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar dengan cara memanfaatkan dana bantuan pemerintah maupun dana swadaya masyarakat secara baik dan benar. Oleh karena itu, berbagai usaha kecil dan menengah warga dapat berjalan optimal.

Setiap tahun Pemprov DKI memberikan dana sebesar Rp1 miliar kepada seluruh kelurahan untuk pemberdayaan masyarakat melalui dana Program Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan (PPMK) dan ini berhasil dikelola dengan baik oleh kelurahan dan masyrakat Pondok Ranggon.


Namun yang terpenting adalah di luar dana tersebut, Kelurahan Pondok Ranggon juga mampu menghimpun dan memanfaatkan dana swadaya masyarakat untuk kepentingan peningkatan perekonomian masyarakat.

Keberhasilan Kelurahan Pondok Ranggon daam lomba tersebut, menurut Ali Murthado, tidak terlepas dari tingginya swadaya dan peran serta masyarakat dalam berbagai program pembangunan. Ini dapat dilihat dari besarnya dana swadaya masyarakat yang terkumpul pada tahun 2006 yaitu mencapai Rp 5,2 miliar, padahal pada tahun 2005 baru Rp 1,8 miliar. ?Untuk tahun 2007 ini ditargetkan dana swadaya masyarakat yang terkumpul mencapai Rp9 miliar, dimana dana tersebut untuk membiayai berbagai program pembangunan di Kelurahan Pondok Ranggon,? papar Murthado.

Kelurahan Pondok Ranggon menurut Murtadho juga berhasil menjadi wilayah bebas penyakit demam berdarah dengue (DBD) dengan status hijau. ?Ini berkat partisipasi aktif warga melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),? ungkapnya. Berkaitan dengan pemberantasan penyakit flu burung, partisipasi masyarakat juga sangat tinggi untuk melakukan sertifikasi terhadap unggas mereka yang mencapai 349 sertifikat atau 100 persen. Sedangkan unggas yang diserahkan warga untuk dimusnahkan mencapai 1.395 ekor atau 100 persen. ?Warga dengan kesadaran sendiri menyerahkan unggas peliharaannya kepada petugas untuk dimusnahkan,? katanya.

Menyangkut bidang perekonomian, menurut Murthado, Kelurahan Pondok Ranggon juga memiliki potensi yang besar untuk dikembangkan khususnya di bidang Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (UKM), seperti industri tahu, pemerahan susu, pembuatan mie dan bakso, pembuatan korek kuping, industri bordir baju, dan komposting.

Potensi yang ada ini diharapkan dapat terus berkembang, sehingga akan semakin membuka lapangan kerja dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat

 
© Copyright 2008 by Template feito/Redesigner Kel.Klandasan Ilir,Jl.Gajahmada No.01 Balikpapan Tilp.0542-423210/Email:asfian2@gmail.com Admin.ID