Selasa, Mei 12, 2009

KLANDASAN ILIR WAKILI KOTA BALIKPAPAN PADA LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROPINSI KALTIM

Tonjolkan IT sebagai program unggulan Kelurahan dan Tehnologi Tepat Guna sebagai Program Unggulan LPM.


Ada sebagian anggapan bahwa orang yang tinggal di Kota kurang peduli terhadap terhadap masyarakat dan lingkungannya serta partisipasi swadayanya sangat rendah. Anggapan seperti ini ternyata tidak berlaku di kelurahan Klandasan Ilir yang letaknya di tengah jantung perkotaan. Menurut Asfiansyah, Lurah Klandasan Ilir masyarakatnya sangat besar kepedulian kepada Lingkungan dan Masyarakat lain di sekitarnya. Selama 2,5 tahun lebih ia memimpin Kelurahan Klandasan Ilir ternyata kepedulian warganya terhadap lingkungan dan masyarakat sekitarnya sangat besar sekali. Contohnya ada warganya yang menghibahkan tanahnya untuk kepentingan pendirian rumah ibadah dan posyandu, Swadaya yang mendampingi DP2LK pada tahun 2008 melampaui dari bantuan APBD Kota. Ada pendirian Rumah yang dilakukan secara gotong royong dll. Pembinaan Lembaga Pemberdayaan masyarakat terhadap anggotanya berhasil menciptakan peralatan tehnologi tepat guna yang dapat dimamfaatkan masyarakat seperti Paralon filter air siap minum, Alat pogging mini yang digerakkan oleh gas untuk dasa wisma, Kompor briket serbuk gergaji, ranting penangkap lalat dll nya yang menjadi program un ggulan LPM Klandasan Ilir. TP.PKK Kelurahan dengan program unggulan pembinaan PHBS kepada masyarakat berhasil menjadikan Kelurahan Klandasan Ilir sebagai Kawasan PHBS terbaik Di Kaltim. Kelurahan Klandasan Ilir sendiri, Lurah bersama Aparatnya menjadikan IT sebagai Program Unggulan dengan memberikan Informasi Program dan Kegiatan Kelurahan kepada Masyarakat melalui sebuah website Kelurahan. Website ini merupakan hasil kreasi dari penerapan Ilmu dan Tehnologi yang dibuat tanpa biaya oleh Lurah Klandasan Ilir yang posting hariannya dilakukan oleh Staf Kelurahan Klandasan Ilir.
Kemauan, Kreativitas, kepedulian dan kerja keras yang dilakukan oleh Aparat Kelurahan, LPM,PKK dan Masyarakat Klandasan Ilir tidaklah sia-sia. pada Lomba Kelurahan Tingkat Kota Balikpapan, Kelurahan Klandasan Ilir berhasil maraih Juara I sebagai Kelurahan terbaik di Balikpapan dan mewakili Balikpapan dalam Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Kaltim pada Tanggal 25 mei mendatang. Ketika admin menanyakan kiat-kiat keberhasilannya membawa Kelurahan Klandasan Ilir, Asfiansyah pria sederhana ini dengan tersenyum mengatakan bahwa Kelurahannya punya Visi dan Misi serta renstra yang jelas dan salah satu renstra yang berhasil dikembangkan adalah menumbuhkan kepercayaan Masyarakat terhadap program yang dibuat dan dilaksanakan Pemerintah. Kalau Masyarakat telah ada kepercayaan yang besar terhadap Pemerintah maka partisipasi dan swadaya masyarakat akan mengalir semakin besar, pungkasnya.

 
© Copyright 2008 by Template feito/Redesigner Kel.Klandasan Ilir,Jl.Gajahmada No.01 Balikpapan Tilp.0542-423210/Email:asfian2@gmail.com Admin.ID